Upgrade Performa Yamaha NMAX

Wow.. gila nih! Upgrade performa Yamaha NMAX naik stroke torsi Jadi 32,33 Nm. Upgrade performa Yamaha NMAX naik stroke torsi Jadi 32,33 Nm hasil racikan Keyspeed dengan kombinasi power 14,5 DK/3.825 rpm. Angka ini, dibaca oleh Sportdyno V3.5 kepunyaan Budi Jaya Motor (BJM) di Rancabalong, Margahayu, Bandung, Jawa Barat.
Padahal di mesin yang sama, NMAX standar terbaca punya torsi 25,7 Nm/2.242 rpm dan power 11,5 DK/3.451 rpm. Itu artinya torsi naik 20,83 NM dan power naik 3 DK. “Ini membuktikan kalau stroke up, bisa sebagus bore up,” bilang Rizky Chandra, member Bandung MAX Community (BMC).
Mau tahu caranya Upgrade performa Yamaha NMAX naik stroke torsi Jadi 32,33 Nm?
GESER BIG END 2 MM. Big end standar digeser 2 mm, dengan proses tambal sulam. Total stroke jadi 4 mm. Kalau ditambahkan stroke standar, jadi 62,7 mm. “Agar piston standar enggak nonggol, setang seher pakai punya Suzuki Shogun 110. Lebih pendek 0,5 mm dibanding NMAX,” bilang Kentar Bima, Tunner bengkel Keyspeed.


KAPASITAS SILINDER 165,5 CC. Mendem piston, dibikin 0,6 mm. Paking atas pakai pakai tebal 0,5 mm dan paking bawah tebal 1 mm menggunakan bahan aluminium. Kompresi engine dibikin 10,6:1 untuk meminium Pertamax. Dengan piston standar 58 mm bila dihitung dengan stroke 62,7 mm, kapasitas silinder jadi 165,5 cc.
HEAD DAN NOKEN AS. Di head silinder, masih menggunakan klep dan noken as standar. “Di noken as, kita majukan 1 derajat dari hitungan standar untuk in dan ex,” bilang Kentar yang terkenal di kalangan drag bike. Di bagian lubang in, diporting polish 0,4 mm dan lubang ex dibiarkan standar.
PIGGYBACK DAN ROLLER. Pengatur bahan bakar, dikawal piggyback Wiseco. Untuk kebutuhan bawah, air fuel ratio (AFR) dibikin 14,7 : 1, putaran tengah 13,5 : 1 dan rpm atas dikasih setingan basah yaitu 12,3 : 1. Agar putaran torsinya makin bagus, rolling dibikin ringan. Roller standar 13 gram rata, dibikin kombinasi 8 dan 11 gram.

SUMBERmotorplus-online.com
Previous
Next Post »
0 Komentar