Wow.. gila nih! Upgrade performa Yamaha NMAX naik stroke torsi Jadi 32,33 Nm. Upgrade performa Yamaha NMAX naik stroke torsi Jadi 32,33 Nm hasil
racikan Keyspeed dengan kombinasi power 14,5 DK/3.825 rpm. Angka ini,
dibaca oleh Sportdyno V3.5 kepunyaan Budi Jaya Motor (BJM) di
Rancabalong, Margahayu, Bandung, Jawa Barat.
Padahal di mesin yang sama, NMAX standar
terbaca punya torsi 25,7 Nm/2.242 rpm dan power 11,5 DK/3.451 rpm. Itu
artinya torsi naik 20,83 NM dan power naik 3 DK. “Ini membuktikan kalau
stroke up, bisa sebagus bore up,” bilang Rizky Chandra, member Bandung
MAX Community (BMC).
Mau tahu caranya Upgrade performa Yamaha NMAX naik stroke torsi Jadi 32,33 Nm?
GESER BIG END 2 MM. Big end standar digeser 2 mm, dengan proses tambal sulam. Total stroke
jadi 4 mm. Kalau ditambahkan stroke standar, jadi 62,7 mm. “Agar piston
standar enggak nonggol, setang seher pakai punya Suzuki Shogun 110.
Lebih pendek 0,5 mm dibanding NMAX,” bilang Kentar Bima, Tunner bengkel
Keyspeed.
KAPASITAS SILINDER 165,5 CC. Mendem
piston, dibikin 0,6 mm. Paking atas pakai pakai tebal 0,5 mm dan paking
bawah tebal 1 mm menggunakan bahan aluminium. Kompresi engine
dibikin 10,6:1 untuk meminium Pertamax. Dengan piston standar 58 mm bila
dihitung dengan stroke 62,7 mm, kapasitas silinder jadi 165,5 cc.
HEAD DAN NOKEN AS. Di head
silinder, masih menggunakan klep dan noken as standar. “Di noken as,
kita majukan 1 derajat dari hitungan standar untuk in dan ex,” bilang
Kentar yang terkenal di kalangan drag bike. Di bagian lubang in, diporting polish 0,4 mm dan lubang ex dibiarkan standar.
PIGGYBACK DAN ROLLER. Pengatur
bahan bakar, dikawal piggyback Wiseco. Untuk kebutuhan bawah, air fuel
ratio (AFR) dibikin 14,7 : 1, putaran tengah 13,5 : 1 dan rpm atas
dikasih setingan basah yaitu 12,3 : 1. Agar putaran torsinya makin
bagus, rolling dibikin ringan. Roller standar 13 gram rata, dibikin
kombinasi 8 dan 11 gram.SUMBER : motorplus-online.com
0 Komentar